Apa Itu Aromaterapi?

Aromaterapi kini semakin populer. Tapi hati-hati, jangan sampai salah memilih minyak aromaterapi. Ingin tahu lebih banyak apa itu minyak aromaterapi? Yuk, cari tahu di sini!

Istilah aromaterapi kerap dipakai dalam beragam produk, utamanya produk perawatan tubuh, plus iming-iming memberikan ketenangan jiwa dan pikiran dan sebagai pengusir stres. Apa iya begitu?

Sejatinya aromaterapi adalah ilmu kesehatan holistik yang telah teruji dan diketahui memiliki khasiat holistik bagi kesehatan fisik, pikiran dan jiwa atau istilah kerennya mind, body and soul. Tapi belakangan istilah aromaterapi direduksi hanya sebagai sekedar wewangian yang menyenangkan. Padahal tidak semua aromaterapi beraroma wangi loh! Misalnya minyak aromaterapi yang berasal dari dedaunan seperti serai wangi, nilam atau tea tree, atau pun minyak aromaterapi yang berasal dari bagian biji seperti pala atau adas.

Prasyarat aromaterapi bukanlah pada wanginya melainkan bahan minyak aromaterapi yang digunakan haruslah berasal dari tumbuhan atau dikenal dengan istilah essential oil. Tapi seiring perkembangan industri parfum, maka dibuatlah essential oil  sintetis yang terbuat dari bahan kimia dengan aroma yang mirip essential oil asli (alami) sehingga harganya jauh lebih murah. Karena itu, Anda harus cermat memilih essential oil agar tidak terkecoh dengan essential oil sintetis yang tidak memberi khasiat aromaterapi.

Essential oil sintetis inilah yang banyak disalahpahami awam sebagai minyak aromaterapi. Terlebih harganya teramat murah sehingga lebih menarik minat pembeli, hanya beberapa ribu rupiah per-botol ukuran 5 ml. Sekedar tips, harga bisa menjadi petunjuk untuk membedakan essential oil asli dan palsu. Jika Anda menjumpai toko yang menjual minyak aromaterapi dengan harga sama untuk semua jenis essential oil yang dijual maka jangan membelinya. Minyak aromaterapi “yang sebenarnya” memiliki harga yang berbeda untuk setiap jenisnya. Jenis bunga-bungaan seperti rose, jasmine atau neroli harganya amat mahal sebab dibutuhkan bahan baku hingga ratusan kilogram untuk menghasilkan beberapa mililiter minyaknya. Sementara minyak serai wangi atau nilam relatif lebih murah.

Klik di sini untuk mendapatkan tips mengenali minyak aromaterapi berkualitas.

Jadi, teliti sebelum membeli !

Cari tahu profil dan khasiat aneka essential oil di sini Salvia Aromatik

Advertisements

2 thoughts on “Apa Itu Aromaterapi?

  1. […] Gelisah merupakan sesuatu yang sering dirasakan oleh banyak orang. Kegelisahan dapat terjadi karena adanya gangguan emosional pada diri, seperti bagi seseorang yang mempunyai fobia atau sedang merasakan panik. Pendapat para pakar, penyebab seseorang dapat merasakan kegelisahan yaitu disebabkan oleh isu biologis maupun psikologis seseorang. Gejala yang acap kali dirasakan yaitu, merasa gugup, tekanan yang berlebihan, dan susah tidur (insomnia). Hal pertama atau langkah pertama yang harus anda lakukan jika merasakan kegelisahan dalam jangka waktu yang lama dan hal itu mengubah hidup anda (perilaku anda) yaitu segeralah untuk konsultasi kepada dokter. Dengan berkonsultasi kepada dokter, maka diharap dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang dirasa. Ketika sedang dalam proses pengobatan dengan saran dokter, tidak salahnya menambah obat untuk agar perasaan lebih tenang, yaitu dengan aromaterapi. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s