Kekuatan Penyembuh dalam Tanaman Aromatik

Sesuai namanya, aromaterapi adalah terapi menggunakan wewangian alami. Wewangian ini berasal dari zat aromatik tumbuhan tertentu yang diperoleh melalui proses penyulingan atau ekstraksi lainnya. Namun kata wewangian disini tidak selalu berarti berbau harum, sebab cukup banyak jenis minyak esensial yang bagi sebagian orang aromanya tidak mengenakkan.

Wewangian aromaterapi berkhasiat mempengaruhi kondisi emosi dan kejiwaan seseorang, yang bekerja melalui indera penciuman. Sementara molekul minyak esensial yang dioleskan pada tubuh akan diserap kulit dan menyatu bersama cairan tubuh.Β  Beberapa unsur tanaman mempunyai mekanisme kerja yang dapat menyembuhkan gangguan atau penyakit, antara lain dengan cara mengaktifkan energi dan metabolisme tubuh serta merangsang daya kerja sel tubuh.

Efektivitas pengobatan aromaterapi dapat dirasakan bervariasi tergantung kondisi penyakitnya. Gangguan ringan semisal sakit kepala atau hidung tersumbat biasanya bisa dirasakan beberapa jam setelah menjalani terapi. Namun untuk kondisi penyakit yang lanjut tentu membutuhkan proses yang lebih panjang dengan terapi teratur.

Aromaterapi untuk perawatan kesehatan dan kencatikan bisa dilakukan sendiri di rumah, tetapi untuk pengobatan penyakit sebaiknya berkonsultasi dengan ahli aromaterapi holistik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s